Peranan Tes Hasil Belajar Dalam Meningkatkan Motivasi Peserta Didik dalam Belajar Agama

Yudha Nata Saputra

Abstract


Pendidikan agama memegang peranan penting dalam sistem pendidikan nasional di Indonesia sehingga pelajaran agama menjadi wajib untuk diajarkan dalam setiap jenis, jalur dan jenjang pendidikan di Indonesia. Meskipun penting, namun kualitas pendidikan agama di Indonesia belum optimal, hal ini ditandai dengan masih rendahnya motivasi belajar peserta didik dalam belajar agama. Sementara itu, tes hasil belajar memegang peranan yang penting dalam memperoleh gambaran tentang kualitas pendidikan. Tujuan penulisan artikel ini dimaksudkan untuk mengkaji hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan sebuah tes hasil belajar yang baik, mengetahui bagaimana tes hasil belajar dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar agama. Tes hasil belajar yang dilaksanakan penting untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar agama yang akan berdampak terhadap mutu pendidikan di Indonesia. Hasil kajian, menunjukkan bahwa tes hasil belajar akan memberikan manfaat jika dilakukan dengan memperhatikan prinsip-prinsip penyusunan tes. Kemudian tes hasil belajar yang dilaksanakan secara teratur  akan dapat memotivasi peserta didik dalam belajar agama dengan menyediakan tujuan-tujuan belajar jangka pendek untuk peserta didik.

 

Religious education plays an important role in the national education system in Indonesia so that religious education becomes compulsory to be taught in all types, lines and levels of education in Indonesia. Even though it is important, the quality of religious education in Indonesia is not yet optimal, this is indicated by the still low motivation of students to learn in studying religion. Meanwhile, learning outcomes tess play an important role in obtaining a picture of the quality of education. The purpose of writing this article is intended to examine the things that need to be considered in preparing a good learning achievement tes, knowing how the learning achievement tes can increase student motivation in religious learning. The learning achievement tes carried out is important to increase student motivation in studying religion which will have an impact on the quality of education in Indonesia. The results of the study, showed that learning outcomes tess will provide benefits if done by paying attention to the principles of tes preparation. Then a tes of learning outcomes carried out regularly will be able to motivate students in religious learning by providing short-term learning goals for students.


Keywords


tes; belajar; agama; peserta didik; motivasi; tes; learning; religion; student; motivation

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2014)

Aritonang, Keke, ‘Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, Jurnal Pendidikan Penabur, 10, 2008, 11–21

Asrori, Achmad, ‘CONTEMPORARY RELIGIOUS EDUCATION MODEL ON THE CHALLENGE OF INDONESIAN MULTICULTURALISM’, JOURNAL OF INDONESIAN ISLAM, 10 (2016), 2

Azwar, Saifuddin, Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012)

Gronlund, F. Norman, Constructing Achievement Tes Second Edition (Semarang: IKIP Semarang Press, 1985)

Handhika, J., ‘Efektivitas Media Pembelajaran Im3 ditinjau dari Motivasi Belajar’, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1.2 (2012), 109–14

Indonesia, Laporan Tahunan Kehidupan Keagamaan 2018 (Jakarta, 2018)

———, Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan, 2007

———, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003

Mondal, Puja, ‘Importance of Motivation in Learning (657 Words)’ [accessed 4 November 2019]

Nasution, S, Didaktik Asas-Asas Mengajar (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)

Permatasari, Rizki, ‘Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Guna Dharma Bandar Lampung’ (UIN Raden Intan Bandar Lampung, 2018)

Sardiman, AM, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: Rajawali Press, 2011)

Sedarmayanti, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja (Bandung: Penerbit Mandar Maju, 2009)

Sujana, Elva, Sari Fatimah, dan Nur Oktavia Hidayati, ‘Kebutuhan Spiritual Keluarga Dengan Anak Penderita Penyakit Kronis’, Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 3.1 (2017), 47

Suprapto, Rohmat, dan S Ag, ‘Deradikalisasi Agama Melalui Pendidikan Multikultural-Inklusivisme’, 15.2 (2011), 89–105

Ulya, Iik Faiqotul, dan Riana Irawati, ‘Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa menggunakan Pendekatan Kontekstual’, Pena Ilmiah, 1.1 (2016), 121–30

Wahyuni, Firda Ayu, ‘Hubungan Pemenuhan Kebutuhan Spiritual dengan Motivasi Kesembuhan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI Makassar’ (UIN Alauddin Makassar, 2014)

Wulandari, Bekti, dan Herman Dwi Surjono, ‘Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Motivasi Belajar PLC Di SMK’, Jurnal Pendidikan Vokasi, 3.2 (2013), 178–91




DOI: https://doi.org/10.47900/nptrs.v1i1.1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 The New Perspective in Theology and Religious Studies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.