Model Pemuridan yang Relevan untuk Pelayanan Pendidikan Kristen

Oinike Laia

Abstract


Tujuan pendidikan Kristen adalah membangun dan mendewasakan iman peserta didik menjadi murid Kristus yang sejati. Tetapi dalam penerapannya tujuan tersebut tidak tercapai bahkan cenderung orientasi pendidikan bergeser hanya untuk memenuhi tuntutuan akadamis semata. Maka tujuan dari penelitian ini adalah melakukan pengkajian terhadap pengajaran pendidikan Kristen dan berupaya untuk menemukan metode yang relevan bagi pelayanan pendidikan Kristen. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dan analisis kualitatif terhadap konsep dan penerapan pendidikan Kristen, serta melakukan pengkajian secara objektif terhadap permasalahan yang terjadi dari temuan penelitian. Pembahasan selanjutnya akan melakukan pengkajian terhadap konsep pemuridan dan hubungannya dengan pendidikan Kristen. Melalui hasil kajian tersebut diharapkan dapat menghasilkan gagasan atau model pendidikan yang alkitabiah, sehingga dapat membangun fondasi pendidikan dan mengembalikan fungsi pendidikan Kristen, bukan hanya menghasilkan lulusan yang berkualitas secara akademis tetapi juga menghasilkan peserta didik (murid) yang lebih beriman. Dalam pembahasan terakhir akan mengusulkan model atau pendekatan pemuridan yang dapat diterapkan dalam komunitas Kristen secara khusus di lingkungan pendidikan baik di tingkat Sekolah Menengah Atas dan di Perguruan Tinggi.


Full Text:

PDF

References


Barna, George. Menumbuhkan Murid-Murid Sejati. Jakarta: Metanoia, 2010.

Chan, Edmund. A Certain Kind (Yang Tertentu): Pemuridan Intensional yang Mengubah Definisi Sukses dalam Pelayanan. Singapore: Covenant Evangelical Free Church, 2014.

Clinton, J. Robert. The Making of a Leader: Recognizing the Lesson and Stages of Leadership Development (ed.2), Colorado Springs, CO: Navpress, 2012.

Edlin, Richard J. The Cause of the Christian Education, terj. Hakikat Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2014.

Graham, Donovan L. Teaching Redemptively: Bringing Grace and Truth into Your Classroom. Colorado Sprin, CO: Purposeful Design Publications, 2003/2009.

Groome, Thomas H. Christian Religious Education: Sharing Our Story and Vision. Terj. Daniel Stefanus, Pendidikan Agama Kristen: Berbagi Cerita dan Visi Kita. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.

Hull, Bill. Jesus Christ, Disciplemaker, terj. Yesus Kristus, Sang Pembuat Murid. Grand Rapids, 2004 / Surabaya: Literatur Perkantas Jawa Timur, 2015.

Ogden, Greg. Transforming Discipleship, terj. Pemuridan yang Mengubahkan. Surabaya: Literatur Perkantas Jawa Timur, 2014.

Palmer, Parker J. To Know As We Are Known: Educational As A Spiritual Journey. San Fransisco: Harper & Row, 1993.

Pazmino, Robert W. Foundation Issues in Christian Education: An Introduction in Evangelical Perspective, terj. Fondasi Pendidikan Kristen: Sebuah Pengantar dalam Perspektif Injil. Grand Rapids, MI: Baker Books, 1997/BPK Gunung Mulia, 2012.

Tenibemas, Purnawan. “Spiritualitas di Sekolah Tinggi”, dalam Jurnal Teologi Pengarah, Bandung: STT Tiranus, Juli 2010.

Westerhoff III, John H. Will Our Children Have Faith? New York: The Seabury Press, 1976.

Byrd III, Nathan C. “Narrative Discpleship: Guiding Emerging Adults “Connect the Dots” Of Life and Faith”, dalam Christian Education Journal, Series 3, Vol. 8, No.2, La Mirada: Biola University, 2011.

Himes, Brant. “Dietrich Bonhoeffer As Theological Praxis: A Resource for Educational Ministry” Dalam Christian Education Journal, Series 3. Vol. 8, No. 2, Fuller Theological Seminary, 2011.

Klassen, Harold. “Model Ketiga Sekolah Kristen Modern”, dalam Transforming Teachers, Okober 2008: https://www.transformingteachers.org. Diakses 10 Desember 2019.

Lie, Tan Giok. “Tantangan Pendidikan dan Pengajaran Kristen Masa Kini di Ranah Formal”, dalam STULOS Jurnal Teologi, STT Bandung 2013. Diposting oleh Redaksi e-Reformed: http://reformed.sabda.org. Diakses 10 Desember 2019.

Lemke, Dale L. “A Philosophy of Disciple-Centered Leadership”, dalam Christian Education Journal, Series 3, Vol. 14, No. 2, 2017. Copyright: American Theological Library Association, 2016.

Purba, Asmat. “Pemuridan sebagai Tugas Dosen Pendidikan Agama Kristen di Perguruan Tinggi”, dalam Jurnal Ilmiah Berkala, TEDC Vol, 8 No. 1, Januari 2014.

Shirley, Chris. “Overcoming Digital Distance: The Challnge of Developing Relational Disciples in the Internet Age”, dalam Christian Education Journal. Seri 3, Vol. 14, No. 2, Dallas Baptist University, 2017.




DOI: https://doi.org/10.47900/nptrs.v1i1.3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 The New Perspective in Theology and Religious Studies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.