Yesus Sebagai Guru

Daniel Stefanus

Abstract


Konsep Yesus sebagai guru merupakan gagasan penting dalam Injil-Injil. Meskipun demikian, pemahaman terhadap identitas Yesus sebagai guru dilihat terutama dalam pendekatan yang bersifat teologis atau biblis. Untuk itu, artikel ini berupaya untuk mengamati identitas dan karakter Yesus sebagai guru ditinjau dari sisi pedagogis. Tulisan akan membahas tiga aspek dari dimensi pelayanan Yesus sebagai guru, yakni, sebutan Yesus sebagai guru, pokok ajaran dan gaya mengajar-Nya.


Keywords


Yesus, Guru, Pendidikan, Kerajaan Allah, Gaya Mengajar

Full Text:

PDF Indonesia

References


Boehlke, Robert R. Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen Dari Plato Sampai IG. Loyola. Jakarta: BPK, 2009.

Bornkamm, Gunther. Jesus of Nazareth. London: Hodder & Stoughton, 1960.

Drane, John. Introducing the New Testament. Lion, 1950.

Hunter, A. M. The Work and the Word of Jesus. London: SCM, 1950.

Ismail, Andar. Selamat Berkiprah: 33 Renungan Tentang Kesaksian. Jakarta: BPK, 2001.

———. Selamat Menabur: 33 Renungan Tentang Didik-Mendidik. Jakarta: BPK, 1997.

———. Selamat Mengikut Dia: 33 Renungan Tentang Kristus. Jakarta: BPK, 1994.

Manson, T.W. The Teaching of Jesus. London: Cambridge University Press, 1963.

Perkins, Pheme. Jesus as Teacher. New York: Cambridge University Press, 1990.

Stein, Robert H. The Method and Message of Jesus’s Teachings. Philadelphia: WJK, 1978.




DOI: https://doi.org/10.47900/nptrs.v2i1.30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 The New Perspective in Theology and Religious Studies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.