Mencermati Pelayanan Penyembuhan Pada Masa Kini

Daniel Susanto

Abstract


Pelayanan penyembuhan seringkali hanya dipahami secara fisik. Karena itu orang sakit sering mengharapkan penyembuhan yang biasa disebut dengan dengan curing. Padahal, tidak setiap penyakit dapat disembuhkan secara fisik. Walaupun demikian, orang sakit tetap dapat memperoleh penyembuhan atau healing, bila penyembuhan itu dipahami secara holistik. Penyembuhan holistik dilandasi pemikiran bahwa manusia tidak hanya mempunyai aspek fisik, tetapi juga aspek mental, sosial, dan spiritual. Karena itu penyembuhan holistik melebihi dari penyembuhan fisik. Bila penyembuhan fisik sudah tidak dapat dilakukan, orang yang sakit masih bisa mendapatkan penyembuhan, secara khusus penyembuhan aspek spiritualnya. Di dalam Alkitab disaksikan bahwa penyembuhan yang dilakukan Yesus tidak hanya bersifat fisik, tetapi juga holistik. Paulus tidak mengalami penyembuhan fisik ketika ia sakit. Namun ia mendapatkan penyembuhan secara spiritual dari Tuhan. Penyembuhan ini memungkinkan ia menilai secara potitif akan penyakit jasmani yang dideritanya. Ia bahkan bisa bersyukur dan melihat makna di balik penyakitnya itu. Karena orang sakit yang tidak bisa disembuhkan lagi secara medis masih bisa mendapatkan kehidupan spiritual bersama Tuhan, bagi orang beriman, kematian tidak lagi menakutkan. Pelayanan melalui hospice juga akan membantu dia dan keluarganya untuk menghadapi kematian. Dalam kaitan dengan hal ini, gereja diharapkan menjadi penyembuh untuk melakukan pelayanan penyembuhan secara holistik yang bisa dikerjasamakan secara lintas iman. Dalam pelayanan ini,  peran pendampingan pastoral menjadi sangat penting.


Keywords


penyembuhan; penyembuhan holistik; penyembuhan Yesus; Paulus; hospice; penyembuh; pendampingan pastoral

Full Text:

PDF

References


Abineno, J.L.Ch., Pelayanan Pastoral kepada Orang-orang Sakit. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2003).

Clebsch, William A. & Charles R. Jaekle, Pastoral Care in Historical Perspective. New York: Harper & Row, 1967.

Clinebell, Howard, Basic Types of Pastoral Care and Counselling – Resources for the Ministry of Healing and Growth. London: SCM Press, 1984.

Droege, Thomas A., “Dasar Religius Perawatan Kesehatan Holistik”, dalam Dasar Theologis Perawatan Kesehatan Holistik , ed. Granger E. Westberg. Yogyakarta: RS Bethesda & Pelkesi, 1985.

Jacob, Beate, Penyembuhan Yang Mengutuhkan – Dimensi Yang Terabaikan dalam Pelayanan Medis, ed. Rainward Bastian. Yogyakarta: Kanisuis, 2003.

Jesudasan, Usha & Gert Rupell, Menjadi Penyembuh – Merengkuh Anugerah Allah dalam Penyembuhan. Surakarta: Yakkum Press, 2007.

Nouwen, L Henri J.M., The Wounded Healer, Ministry in Contemporary Society. New York: Doubleday & Company, 1972.

Lumbantoruan, Noortje, Pelayanan Pastoral Menjelang Ajal, Tesis Magister Theologiae di STT Jakarta, 2003.

Panjaitan, Rumondang, Pelayanan Pastoral pada Pasien Terminal Menghadapi Kematian melalui Hospis, Karya Tulis Ahkir Magister Ministry di STT Jakarta, 2009.

Patton, John, From Ministry to Theology - Pastoral Action and Reflection. Nashville: Abingdon Press, 1990.

Schneider, Erhard, Maukah Engkau Sembuh? Batu, Malang: Yayasan Persekutuan Pekabaran Injil Indonesia: Departemen Literatur, 1992.

Susanto, Daniel, Pelayanan Pastoral di Indonesia pada Masa Transisi – Orasi Dies Natalis ke-72 Sekolah Tinggi Teologi Jakarta. Jakarta: UPI STT Jakarta, 2006.

---------- “Pelayanan Pastoral Holistik”, dalam Sekilas tentang Pelayanan Pastoral di Indonesia, ed. Daniel Susanto. Jakarta: Majelis Jemaat GKI Menteng Jakarta, 2010.

Vaux, Kenneth, “Penyelidikan Kontek dan Konsep Kesehatan Holistik”, dalam Dasar Theologis Perawatan Kesehatan Holistik, ed. Granger E. Westberg. Yogyakarta: RS Bethesda & Pelkesi, 1985.




DOI: https://doi.org/10.47900/nptrs.v1i1.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 The New Perspective in Theology and Religious Studies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.