Yesus Sebagai Guru

Authors

  • Daniel Stefanus (SINTA ID: 6731206) Cipanas Theological Seminary

DOI:

https://doi.org/10.47900/nptrs.v2i1.30

Keywords:

Yesus, Guru, Pendidikan, Kerajaan Allah, Gaya Mengajar

Abstract

Konsep Yesus sebagai guru merupakan gagasan penting dalam Injil-Injil. Meskipun demikian, pemahaman terhadap identitas Yesus sebagai guru dilihat terutama dalam pendekatan yang bersifat teologis atau biblis. Untuk itu, artikel ini berupaya untuk mengamati identitas dan karakter Yesus sebagai guru ditinjau dari sisi pedagogis. Tulisan akan membahas tiga aspek dari dimensi pelayanan Yesus sebagai guru, yakni, sebutan Yesus sebagai guru, pokok ajaran dan gaya mengajar-Nya.

References

Boehlke, Robert R. Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen Dari Plato Sampai IG. Loyola. Jakarta: BPK, 2009.

Bornkamm, Gunther. Jesus of Nazareth. London: Hodder & Stoughton, 1960.

Drane, John. Introducing the New Testament. Lion, 1950.

Hunter, A. M. The Work and the Word of Jesus. London: SCM, 1950.

Ismail, Andar. Selamat Berkiprah: 33 Renungan Tentang Kesaksian. Jakarta: BPK, 2001.

———. Selamat Menabur: 33 Renungan Tentang Didik-Mendidik. Jakarta: BPK, 1997.

———. Selamat Mengikut Dia: 33 Renungan Tentang Kristus. Jakarta: BPK, 1994.

Manson, T.W. The Teaching of Jesus. London: Cambridge University Press, 1963.

Perkins, Pheme. Jesus as Teacher. New York: Cambridge University Press, 1990.

Stein, Robert H. The Method and Message of Jesus’s Teachings. Philadelphia: WJK, 1978.

Downloads

Published

2021-05-31

How to Cite

Yesus Sebagai Guru. (2021). The New Perspective in Theology and Religious Studies, 2(1), 57-68. https://doi.org/10.47900/nptrs.v2i1.30